082328315140
Jumlah = pcs
Keranjang

Khutbah Jum’at – Merasa Aman dari Makar Allah Ta’ala

Selasa, Februari 14th 2017.

Jama’ah shalat jum’at yang dimuliakan Allah Ta’ala

Takut akan adzab Allah Ta’ala adalah sifat orang beriman. ia takut jika amal yang ia kerjakan rusak atau bahkan tertolak. ia takun jika akhir kehidupannya adalah akhir yang jelek. Karenanya, ia senantiasa memperbaiki amal serta menambah amalnya. Takut jika timbangan amal kejelekan lebih berat dibanding amal kebaikan di akhirat kelak.

Berbeda dengan orang fasik. Yaitu mereka yang bergelimang dosa dan kemaksiatan. Mereka merasa yakin bahwa kelak di akhirat akan masuk surga. Mereka menganggap bahwa Allah maha pengampun. Dosa apapun yang dilakukan pasti akan diampuni. Padahal pengampunan dosa itu ada syarat-syaratnya. Dan seseorang tidak akan terampuni dosanya jika ia tidak melaksanakan syarat-syarat tersebut.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah.

Sifat orang fasik yang lain ialah menunda taubat dan merasa aman dari adzab Allah Ta’ala. ia merasa telah beribadah yang pahalanya nanti akan menjadikannya masuk jannah. Shalat wajib berjama’ah mendapat pahala 27 derajat. Shalat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya. Berwudhu akan menggugurkan dosa-dosa bersamaan dengan menetesnya air wudhu. Puasa ‘asyura menghapus dosa setahun yang lalu, dan pahala-pahala lainnya. Orang-orang yang merasa aman dari makar dan adzab Allah ini adalah orang-orang yang rugi dan amat rugi. Allah sebutkan di dalam Al-Qur’an :

أفأمنوا مكر الله فلا يأمن مكر الله إلا القوم الخاسرون

“Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al-A’rof : 99)

Yang dimaksud dengan makar Allah di sini adalah bencana atau azab. Yaitu apakah mereka merasa aman dari azab Allah di saat mereka lalai? Tiada yang merasa aman kecuali orang-orang yang merugi.

Hasan Al Bashri mengatakan, “Seorang mukmin beramal taat dan ia dalam keadaan takut (akan siksa Allah). Sedang ahli maksiat melakukan maksiat dan selalu merasa aman (dari murka Allah).” [Tafsir Ibnu Katsir, tafsir surat Al A’raf ayat 99]

Buku Panduan Mendongeng | Cara Mendongeng

9%

Rp 20.000 22.000
sale
Rp 35.000
Nabi Sang Tabib – Shubhi Sulaeman – Aqwamedika

10%

Rp 36.000 40.000
40 Hadits Wanita Bunga Rampai Hadits Fikih Dan Akhlak – Aqwam

10%

Rp 80.000 89.000
Kalo Cinta Dilamar Aja!! – Ahmad Tahtawi – Selaksa Publishing

10%

Rp 36.000 40.000
HALAL HARAM RUQYAH – MUSDAR BUSTAMAN TAMBUSAI – Pustaka Al-Kautsar

10%

Rp 95.000 105.000